Senin, 30 Januari 2017

Karier Musikal Super Junior

2000–2005: Pembentukan dan debut Sunting
Tahun 2000, SM Entertainment menyelenggarakan audisi luar negeri pertama di Beijing 101, Tiongkok dan merekrut Han Geng, yang terpilih dari tiga ribu peserta.[7] Di tahun yang sama, Leeteuk, Yesung, dan Eunhyuk direkrut setelah mengikuti audisi dari sistem pemilihan tahunan dari perusahaan tersebut di Seoul. Sungmin dan Donghae menjadi trainee setelah keduanya memenangkan posisi pertama di sebuah kontes yang disponsori oleh SM tahun 2001. Tahun 2002, Heechul dan Kangin direkrut oleh agen pencarian bakat SM di Korea sementara Kibum ditemukan di Los Angeles, Kalifornia. Siwon menjadi seorang trainee setelah ditemukan tahun 2003. Shindong menjadi trainee tahun 2004. Ryeowook memenangkan kompetisi bernyanyi Festival Pemuda Chin Chin 2004 dan menjadi trainee hanya dua bulan sebelum debut tahun 2005.[8] Kyuhyun kemudian bergabung dengan grup tersebut pada tahun 2006, setelah menjadi juara tiga di Festival Pemuda Chin Chin 2005.

Di awal 2005, Lee Soo-man mengumumkan bahwa dia tengan menyiapkan grup projek pria untuk didebut pada akhir tahun. Dia menyebut grup bernyanyi ini akan menjadi "Pintu Gerbang Stardom Asia,"[9] karena kebanyakan member dari grup ini terpilih dari pengalaman mereka sebagai aktor, MC, model, Penyiar radio sebelum debut. Kala itu Heechul dan Kibum sudah memantapkan diri sebagai aktor, dan sebagian besar member yang lain telah tampil di berbagai acara Televisi dan media.[10][11][12] Terinspirasi oleh konsep rotasi girl group asal Jepang Morning Musume, Lee menyatakan bahwa grup ini juga akan mengalami perubahan member, dimana member baru akan mengganti member tertentu tiap tahunnya untuk menjaga grup tetap muda dan solid. Konsep tersebut saat itu menjadi hal baru di pasar K-pop.

Selama beberapa saat grup tersebut dirumorkan bernama O.V.E.R, singkatan dari "Obey the Voice for Each Rhythm."[13][a] Namun, sebelum diumumkan secara resmi, perusahaan menyebut mereka junior, sebagai gambaran usia muda para member saat mereka menjadi trainee SM[13] Setelah para member menampilkan kemampuan mereka yang berbeda-beda pada perusahaan setelah piknik, perusahaan pun memutuskan nama grup mereka adalah Super Junior, dan secara resmi menjadi Super Junior'05, generasi pertama Super Junior.[8] Super Junior 05 menampilkan penampilan pra-debut di kanal Korea Mnet pada 11 September 2005.[b] Saat itu, mereka menampilkan gaya yang beragam mulai dari tarian hip-hop, dimana mereka menari diiringi B2K "Take It to the Floor". Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae masing-masing juga menampilkan dance diiringi lagu Usher "Caught Up." Namun, penampilan tersebut baru ditayangkan pada 16 September 2006 sebagai sebuah segmen di Super Junior Show, acara televisi dokumenter grup pertama mereka.

Grup tersebut debut secara resmi di program musik Inkigayo' SBS' pada November 2005, menampilkan single pertama mereka"Twins (Knock Out)". Sebuah digital single yang terdiri dari "Twins (Knock Out)", "You Are the One", tiga lagu tambahan dirilis secara online pada 8 November, diikuti perilisan album debut mereka, Twins pada 6 Desember 2005. Album tersebut terjual 28.536 kopi di bulan pertama dirilis dan berada di posisi ketiga monthly chart bulan Desember 2005.[14][c]

2006–2007: U, Don't Don, dan sukses komersil Sunting
Bulan Februari 2006, Super Junior 05 mulai menampilkan "Miracle", lagu promosi single kedua dari album debut mereka. "Miracle" memuncaki tangga lagu Thailand, drawing interest dari pasar Internasional.[15] Begitu promosi "Miracle" berakhir, SM Entertainment mulai memilih member baru untuk generasi kedua Super Junior, Super Junior 06. Perusahaan bahkan telah menyiapkan sebuah daftar member terpilih untuk wisuda dari grup. Namun, perusahaan membuang konsep rotasi setalah menambahkan member ketiga belas, Kyuhyun, tahun 2006. Grup tersebut kemudian dikenal dengan nama hanya Super Junior, tanpa suffix "05".[16][17] Member Eunhyuk secara tidak langsung.

Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Super_Junior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar